Events

Arise & Grow

Arise & Grow
“NYARIS….”

Konsentrasi Nehemia terfokus pada karya Tuhan dalam proses pemulihan umat Allah yang besar tersebut, ia sadar bahwa sedang mengerjakan pekerjaan besar dari Allah sendiri…

Sanbalat dan Tobia tidak berhasil untuk menggagalkan misi Nehemia. Tiba-tiba ada nabi bernubuat Palsu kepada Nehemia.

Tetapi kataku : “Orang manakah seperti aku ini yang akan melarikan diri? Orang manakah seperti aku ini dapat memasuki Bait Suci dan tinggal hidup? Aku tidak pergi!” Karena kuketahui benar, bahwa Allah tidak mengutus dia. Ia mengucapkan nubuat itu terhadap aku, karena disuap Tobia dan Sanbalat. Untuk ini ia disuap, supaya aku menjadi takut lalu berbuat demikian, sehingga aku berdosa. Dengan demikian mereka mempunyai kesempatan untuk membusukkan namaku, sehingga dapat mencela aku. (Nehemia 6:11-13)

Nyaris….. , itu perkataan yang tepat waktu kita membaca cerita itu. Sekalipun nabi yang meminta, Nehemia peka dan jauh lebih taat pada ketetapan Allah daripada mendengar suara yang berlawanan dengan ketetapan Allah.

Peraturan yang sudah ditetapkan adalah seorang Imam saja yang boleh masuk ruang bait suci, sedangkan Nehemia tahu bahwa dirinya bukan seorang imam, tapi hanya mengerjakan pekerjaanNya Allah sesuai tugas/beban yang ada di dalam hatinya.

Suatu tatanan yang sudah diatur oleh Allah yang tidak bisa diterobos begitu saja, karena Tuhan menghormati tatanan yang sudah Dia atur. Nyarissss Nehemia berdosa karena melanggar tatanan yang sudah Allah Tetapkan.

Kita harus belajar menghormati tatanan dalam pekerjaan Tuhan, dalam gereja, dalam hubungan keluarga, dalam bekerja di kantor. Jangan sampai kita berdosa terhadap Tuhan dengan melanggar tatanan. Mari mulai belajar takut akan Tuhan…

 

 By His grace,
Ps. Tina Agung Purnomo

– Arise & Grow 2018 –